About

Jumat, 12 Agustus 2011

Cuk Pecuk Raih Tahta Birding Competition 2011


Kepedulian mahasiswa ITS terhadap lingkungan patut diacungi jempol.  Hal itu dibuktikan dengan kemenangan tim Pecuk Biologi ITS dalam lomba 2nd Annual Baluran-PLN Birding Competition 2011 di Taman Baluran, Situbondo. Tidak tanggung-tanggung, juara satu dan tiga pun berhasil mereka raih, Rabu (27/7).

Surabaya, ITS Online - Dari 5 tim Biologi ITS yang diikutkan dalam lomba 2nd Annual Baluran-PLN Birding Competition 2011, Tim Cuk Pecuk ITS meraih juara pertama. Sedangkan, Tim Mudskiper Glodok Jaya ITS berhasil merebut juara ketiga. Dalam perlombaan tersebut, mereka dituntut untuk mengamati morfologi, sifat, dan keunikan burung di Taman Baluran.

Tim Cuk Pecuk beranggotakan tiga mahasiswa Biologi angkatan 2009. Mereka adalah Citra Fitri Riany, Ahmad Yanuar dan Sita Hamzati. Mereka meraih juara pertama setelah berhasil mengumpulkan data 70 spesies Burung di Taman Baluran selama 5 hari.

Awalnya, mereka sempat tidak percaya akan kemenangan yang mereka raih. Karena lawan mereka merupakan tim tangguh. "Lawannya tidak hanya sesama mahasiswa, ada tim dari taman nasional, tim Konservasi dan tim profesional lainnya," ungkap Januar.

Persiapan yang mereka lakukan pun tidak terlalu spesial. Sebelum perlombaan mereka hanya mengikuti pelatihan yang diadakan Pecuk Biologi ITS. "Persiapan khusus tidak ada, kami hanya ikut Pelatihan Teknik Survey Burung Pantai (PTSB) yang diadakan Pecuk," lanjut Yanuar.

Ketertarikan terhadap burung juga menjadi salah satu faktor dari kemenangan Tim Cuk Pecuk. Menurut mereka, burung merupakan bagian penting dari lingkungan hidup.  "Burung merupakan biota yang perlu dilindungi, mereka merupakan bioindikator lingkungan," tegas Yanuar.

Mereka juga menghimbau kepada warga ITS untuk selalu menjaga lingkungan hidup burung di ITS dan sekitarnya. "Mari tumbuhkan kecintaan terhadap burung dan galakkan  lagi wilayah konservasi burung di ITS," tutupnya (izz/niv) 
DIKUTIP DARI ITS.ONLINE

1 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More